Kamis, 15 September 2011

Cara mendapatkan tidur berkualitas (nyenyak)

Beberapa waktu lalu saya mencari tips tentang cara tidur yang berkualitas (nyenyak). Mungkin masalah sulit tidur atau sering disebut insomnia ini pernah terjadi pada kebanyakan orang. Dari beberapa artikel yang saya baca di blog-blog, saya merangkum beberapa hal tentang cara mendapatkan tidur yang berkualitas:

Tidak makan berat
Menghindari makan berat 2 (dua) jam sebelum tidur merupakan salah satu cara termudah yang dapat dilakukan. Hal ini dikarenakan makan berat akan memacu kerja tubuh yang seharusnya beristirahat. Jika merasa lapar makan makanan ringan yang menyehatkan.

Hindari kafein
Setidaknya hindari kafein sembilan jam sebelum tidur. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa kafein banyak terdapat dalam kopi, minuman bersoda, teh, dll.

Berolahraga
Olahraga dapat membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Namun, ada baiknya olahraga dilakukan pada sore hari bukan sebelum memulai tidur.
Kondisikan ruang tidur senyaman mungkin
Mengkondisikan ruang tidur agar nyaman untuk tidur dapat dilakukan dengan menjauhkan hal-hal yang dapat mengganggu tidur, misalnya TV, dan mengurangi cahaya di kamar agar tidak silau serta membuat suasana nyaman untuk tidur.

Melakukan ritual khusus
Ritual-ritual khusus di sini dapat membantu untuk membarikan sinyal pada tubuh bahwa waktu untuk tidur telah dimulai. Ritual ini dapat berupa mencuci muka, sikat gigi, memakai krim malam, dll.

Jangan membawa masalah ke tempat tidur
Usahakan untuk berangkat tidur dengan pikiran yang tenang. Jika masih ada yang dipikirkan, cobalah untu menuliskan hal-hal yang dipikirkan agar membantu mengurangi pikiran tersebut.

Minum suplemen makanan yang mengandung Melatonin
Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada otak bahwa inilah waktu bagi tubuh untuk beristirahat sepanjang malam. Melatonin sendiri dapat ditemukan di dalam segelas susu hangat atau buah pisang.

Jadi, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas (nyenyak) ketujuh hal di atas dapat dijadikan sebagai tips sehingga dapat memulai hari dengan kondisi fisik yang yang segar dan semangat. Semoga tips tentang cara mendapatkan tidur yang berkualitas di atas dapat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar